Macam Tanaman Yang Dapat Dijadikan Obat Herbal Alami

Indonesia sangatlah kaya akan tanaman yang mempunyai khasiat dalam mengobati berbagai penyakit yang sering kita alami. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda di harusakan menanam tanaman obat di pekarangan rumah, agar sewaktu ketika anda mengalami keluhan penyakit, tanaman tersebut bisa anda manfaatkan untuk membantu menyembuhkan atau meredakannya.

Ada 300 macam tanaman yang telah terstandarisasi mempunyai kemampuan dalam mengobati berbagai penyakit. Tanaman tersebut setidaknya memberikan manfaat bagi orang yang mengonsumsinya, mulai dari meredakan penyakit hingga dapat menyembuhkannya. Beberapa keluhan berbagai penyakit seperti batuk, flu, masuk angin, hingga gangguan pencernaan bisa diredakan dengan bantuan tanaman-tanaman herbal tersebut.

Macam Tanaman Yang Dapat Dijadikan Obat Herbal Alami
Macam Tanaman  Obat Herbal Alami

Macam Tanaman Yang Dapat Dijadikan Obat Herbal Alami


Dr. Abrijanto SB, seorang dokter dan ahli herbal dar PT. Deltomed menuturkan beberapa tanaman obat yang dapat ditanam di halaman rumah anda yang anda bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya adalah :

1. Jahe
Tanaman rempah-rempah Jahe ini telah dikenal lama mempunyai sifat anti-inflamsi. Jahe dapat membantu mengobati mual, mengatasi gangguan pencernaan, dan menghangatkan badan. Jahe juga bisa dinikmati sebagai minuman yang nikmat. Anda bisa menambahkan minuman jahe dengan gula aren atau madu supaya rasa pahitnya berkurang. Agar khasiatnya lebih maksimal, jangan menggunakan jahe terlalu banyak, karena bisa membuat tubuh anda menjadi panas. Gunakanlah jahe secukupnya.

2. Daun Mint
Daun mint juga menawarkan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, diantaranya ialah mengatasi mual-mual, gangguan pencernaan, hidung tersumbat, serta bau nafas tak sedap. Daun mint juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit juga sering kali digunakan untuk mengatasi jerawat hingga gigitan serangga.

3. Daun Meniran
Daun meniran dikenal sangat efektif membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daun meniran sudah banyak dimanfaatkan menjadi obat herbal dalam kemasan, di mana peran utamanya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, daun meniran dibilang juga ampuh mengatasi rematik, hepatitis, disentri, susah buang air kecil, dan batu ginjal.

4. Daun Jambu Biji
Baik dengan cara dikunyah sekaligus atau dikombinasikan dengan cara mencampuran garam dan madu, daun jambu biji dapat menjadi alternatif obat diare yang sangat efektif untuk seseorang. Daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar sehingga bisa digunakan untuk mengobati jerawat dan luka bakar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam Tanaman Yang Dapat Dijadikan Obat Herbal Alami