Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anda

Kesehatan gigi serta mulut dapat kita jaga dengan baik agar tidak mengakibatkan gangguan kesehatan yang tentunya dapat mengakibatkan terganggunya aktifitas anda sehari-hari apalagi jika sampai gigi ands berlubang dan membusuk tentunya akan mengeluarkan bau tak sedap dari mulut anda dan membuat anda dijauhi oleh orang-orang yang berada disekitar anda.

Di negara kita Indonesia merawat kesehatan gigi merupakan hal yang dianggap sepele, dan biasanya orang-orang akan pergi ke dokter gigi setelah mengalami rasa sakit atau terjadi masalah pada giginya, jika belum mengalami hal demikian mereka tidak pernah sedikitpun untuk memeriksakan giginya pada dokter gigi.

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anda
Tips kesehatan gigi dan mulut
Bandingkan dengan negara-negara maju lainnya, kesehatan gigi adalah salah satu yang dianggap penting sehingga mereka bebas dari masalah sakit gigi selain itu penampilan gigi mereka terlihat bersih dan sehat sehingga anda kagum akan penampilan mereka saat mereka tersenyum.

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anda agar gigi dan mulut kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan:

~ Rajin-rajinlah menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride minimal 2 kali sehari yakni setelah sarapan pagi dan sebelum anda pergi tidur, namun kadangkala kebiasaan sering anda lakukan gosok gigi di pagi hari sebelum makan, cara itu sebenernya sah-sah saja namun alangkah lebih baiknya jika dilakukan setelah makan pagi, karena sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi anda bisa langsung dibersihkan untuk mengurangi berkembang biaknya bakteri di dalam mulut, jika memungkinkan lakukanlah menggogok gigi setelah anda makan siang agar kesehatan gigi anda lebih terjaga dengan baik.

~ Untuk mengurangi terjadinya karang pada gigi dan plak maka perlu juga berkumur dengan obat kumur cukup sekali saja dalam seminggu, karena bilamana terlalu sering berkumur menggunakan obat kumur kurang baik bagi kesehatan mulut.

~ Sebaiknya anda gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut dan halus agar sikat gigi tidak membuat iritasi pada gusi, karena jika tidak berhati-hati dalam menggunakan sikat gigi yang keras saat menggosok gigi maka dapat membuat gusi anda menjadi berdarah.

~ Sebaiknya berhati-hatilah dalam menggunakan pemutih gigi, jangan sembaranggan menggunakannya karena belum tentu pemutih gigi itu aman dan cocok dengan kondisi gigi dan mulut anda.

~ Hindari dan jangan terlalu  mengkonsumsi makanan yang mengandung gula didalamnya seperti permen, coklat manis, atau minuman manis dan kurangi juga makanan yang bertepung karena makanan-makanan tersebut dapat lebih mudah melekat pada sela-sela gigi dan permukaan gigi.

~ Sering-seringlah memakan buah dan sayur-sayuran seperti wortel, apel serta seledri dikarenakan makanan-makanan tersebut dapat membantu dalam membersihkan gigi anda.

~ Membatasi mengkonsumsi minuman yang dapat membuat gigi menjadi gelap atau tidak putih lagi dikarenakan pengaruh dari minuman-minuman tersebut seperti teh, kopi dan anggur merah, atau jika anda suka mengkonsumsi minuman tersebut menggosok gigilah sesudah meminumnya.

~ Berhentilah meroko, selain meroko dapat merusak kesehatan tubuh kandungan nikotin pada roko juga dapat membuat gigi anda menjadi menjadi kuning dan hitam serta menimbulkan aroma bau tak sedap pada mulut.

~ Biasakan melakukan pengecekan kesehatan gigi anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi terdekat agar gigi anda bisa terawat dengan sehat dan terhindar dari rasa sakit gigi karena gigi anda yang berlubang.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anda yang penting untuk anda ketahui agar gigi anda menjadi sehat dan bersih,

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anda